Cara Membuat Cuka Apel

Cuka merupakan jenis bahan yang memiliki rasa kecut, asam. Cuka diperoleh dan dibuat dari berbagai bahan alami atau kimia dasar. Namun adapula cuka alami yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Cuka alami umumnya diperoleh dari perasan beberapa jenis buah yang dapat difermentasikan seperti teh, anggur, apel, kulit pisang, gandum, jagung dan barley (sejenis gandum yang digunakan untuk membuat bir).

Setiap buah yang mengandung gula lebih dari 9% dapat dikonversi menjadi cuka yang mengandung lebih dari 4 gram asam cuka per 100 ml larutan.

Cuka apel dianggap sebagai jenis cuka buah yang memiliki manfaat dan fungsi yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Cuka apel mudah ditemukan di pasaran bebas, apotik, toko obat atau jika ingin dibuat sendiri.


Berikut beberapa cara membuat cuka apel secara tradisional atau diolah sendiri :

1. Ambil beberapa buah apel segar sesuai selera, kemudian cuci buah apel dalam keadaan utuh dan keringkan.

2. Kemudian setelah buah apel mengering, potong buah apel tanpa tanpa dikupas kulit dan tanpa dibuang bijinya. Kemudian potong buah apel dalam ukuran sedang, simpan dalam tempat atau wadah dari kaca agar tidak terjadi reaksi terhadap cuka apel.

3. Kemudian tutup wadah atau tempat tersebut dengan kain dari bahan katun

4. Wadah yang telah ditutup dengan kain kemudian disimpan ditem;at yang terlindung selama beberapa minggu sehingga proses reaksi sempurna karena tindakan bakteri yang ada diudara.

5. Setelah proses itu berakhir dengan sempurna, maka cairan apel sudah berubah menjadi cuka yang bisa dikenal melalui baunya yang tajam dan rasanya keras menyengat.


=====================================

>>> Jual Cuka Apel Tahesta, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cuka Apel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>